Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bandealit, Pantai Indah Tanpa Sinyal


Bandealit, Pantai Indah Tanpa Sinyal Jember sebagai salah satu kota destinasi wisata di Jawa Timur, ternyata memiliki banyak pantai yang indah. Salah satunya adalah Pantai Bandealit. Bandealit ini merupakan bagian dari kawasan konservasi Taman Nasional Meru Betiri. Pantai Bandealit berada di desa Andongrejo Kecamatan tempurejo Kabupaten Jember Jawa Timur. 


misteri bandealit jember bandealit meru betiri lokasi pantai bandealit jalan menuju pantai bandealit
lokasi pantai bandealit

Daya tarik utama Pantai Bandealit adalah alamnya yang masih alami. Juga dengan adanya kawasan hutan lindung semakin menambah kesejukan di sekitar pantai. Kebersihan dan kejernihan air lautnya membuktikan bahwa kealamian pantai ini masih terjaga. 

 

Kawasan Pantai Bandealit ini memang diupayakan menjadi tujuan wisata khusus konservasi alam dengan menggandeng Pemerintah Kabupaten Jember dan Banyuwangi. Di sini, para wisatawan akan diperkenalkan dengan kondisi alam yang masih asli. Benar-benar asli sampai sinyal internet juga tidak ada hehehe... Selain itu rute yang ditempuh juga agak sulit medannya, lumayan ekstrim, melewati jalan bebatuan yang berkelok-kelok bahkan sungai-sungai kecil. Jarak tempuh dari Jember menuju Pantai Bandealit sekira 64 kilometer, dan memerlukan waktu tempuh dua sampai 4 jam.

 

Pengalaman Akses Menuju Pantai Bandealit


misteri bandealit jember bandealit meru betiri lokasi pantai bandealit jalan menuju pantai bandealit
jalan menuju pantai bandealit


Perjalanan ke Pantai Bande Alit perlu menggunakan transportasi khusus, seperti mobil yang biasa digunakan untuk off road atau motor traill. Makanya pantai ini justru sering dilewati oleh mereka yang menyukai off road, karena terjal medannya sangat mengasyikkan bagi mereka. Jika tidak memiliki kendaraan yang seperti itu, jangan khawatir, kita bisa menyewa mobil sejenis trooper atau land rover untuk mengantar sampai ke tempat tujuan. Mobil ini dikenakan biaya Rp 800.000,- sekali perjalanan, sudah termasuk driver dan bensinnya. Kalau beruntung, dalam perjalanan kita masih bisa menjumpai banteng dan rusa, maupun bunga bangkai. Ada juga Habitat bunga bangkai (Rafflesia) yang bisa ditemui di tengah perjalanan dari Andongrejo ke Bandealit.

Karena tidak ada sinyal, mengunjungi Bandealit membuat kita bisa menikmati keagungan Tuhan dengan sungguh-sungguh dan sedikit melupakan kesibukan kita. Banyak tempat yang bisa dikunjungi antara lain : Gua Jepang dan Teluk Meru. Gua Jepang adalah gua tempat perlindungan tentara Jepang dari musuh yang mendarat di Pantai Bandealit semasa Perang Dunia II. Sedangkan Teluk Meru terkenal sebagai tempat pengamatan burung, memancing, dan melihat matahari tenggelam.


misteri bandealit jember bandealit meru betiri lokasi pantai bandealit jalan menuju pantai bandealit
lokasi pantai bandealit


Di pantai ini kita juga bisa berkemah, berjemur, dan berenang. Ada camping ground lengkap dengan toiletnya sehingga kita bisa berkemah. Suasana pantai yang masih asri dan indah membuat kita akan betah berlama-lama disana. Ada juga penjual makanan di sekitar tempat berkemah, jadi tidak usah khawatir bila berkunjung kesana. Semoga pandemic ini bisa segera usai dan kita bisa segera jalan-jalan ke pantai yaa..

 

Posting Komentar untuk "Bandealit, Pantai Indah Tanpa Sinyal"