Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alun-alun Pekalongan Merupakan Spot Foto Hits di Kota Pekalongan


Alun-alun Pekalongan Merupakan Spot Foto Hits di Kota Pekalongan - Alamat Alun-alun Pekalongan, berada di Keputran, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Jawa Tengah dan sangat mudah ditemukan melalui Google map.


wisata pekalongan alamat alun alun pekalongan kota pekalongan
Alun-alun Pekalongan


 

Buat kamu yang sedang lewat di Kota Pekalongan, atau ingin berkunjung ke Kota Batik Pekalongan sempatkan untuk berfoto di Alun-alun Pekalongan, karena Alun-alun Pekalongan termasuk salah satu spot foto hits di Kota Pekalongan.

 

Sayangkan udah mampir ke Pekalongan, tapi lupa untuk berfoto di kawasan alun-alunnya. Bisa juga kan buat kenang-kenangan.

 

 

5 Wisata Pekalongan di Seputar Alun-alun Pekalongan Ada Apa Saja Sih?

 

 

wisata pekalongan alamat alun alun pekalongan kota pekalongan
Masjid Agung Al Jami' 

 

Ada Masjid Agung Al Jami' Kauman Pekalongan

 

Di depan Alun-alun Pekalongan ada masjid Agung Al Jami' Kauman Pekalongan, yang merupakan peninggalan sejarah dan sudah berusia 158 tahun.

 

Masjid Agung Al-Jami' Pekalongan ini memiliki arsitektur yang menarik Jawa-Arab. Jika bertandang ke Kota Pekalongan, mampirlah ke sini setelah puas menjelajah alun-alun Pekalongan, untuk beribadah sholat.

 

Dari depan bangungnanya saja masjid Agung Al-Jami' ini begitu memikat, apalagi jika masuk ke dalamnya banyak tian beton yang besar dengan menggunakan sambungan batang kayu pada tiap ruangannya.

 

Setiap kali bertandang ke Masjid Agung Al Jami' Kauman ini, saya merasakan bahagia luar biasa karena masih bisa merasakan saksi sejarah pada masa lampau ini.

 

 

Ada Gapura Nusantara

 

Gapura Nusantara Kota Pekalongan, merupakan gapura baru yang menjadi ikon kota Pekalongan selain batik. Lokasinya di Alun-alun Pekalongan, Kecamatan Pekalongan Timur. Berada di depan Masjin Agung Al-Jami' persis. Dibangun juga taman-taman dengan kursi di didepan Gerbang Nusantara ini, selain bisa berswafoto pengunjung juga bisa menikmati kota Pekalongan dari sini.

 

 

Ada Kios Penjual batik

 

Lokasi Alun-alun Pekalongan ini sangat strategis, banyak ruko penjual batik dijajakan di sini. Ada juga Matahari Pekalongan toserba yang berada tepat di Gapura Nusantara, mau jajanan kaki lima juga lengkap memutar di sekitaran alun-alun Pekalongan ini.

 

Ada Kuliner Garang Asem dan Megono Khas Pekalongan

 

Beberapa kuliner khas Kota Pekalongan adalah Garang Asem dan megono, di sebalah alun-alun Utara ada Garang Asem H. Masduki juga warung makan sego Megono bu Muji.

 

Sudah sampai Kota Pekalongan jangan lewatkan untuk incip-incip makanan lezat di sini, yang siapa tahu bisa mengajak keluarga serta untuk kembali jalan-jalan ke Pekalongan.

 

Ada Oleh-oleh Roti Kekinian di Onty Cake

 

wisata pekalongan alamat alun alun pekalongan kota pekalongan
Onty Cake



Salah satu toko kue, roti, dan snack yang ada di Pekalongan terletak di Jalan Toba bernama Onty Cake. Kue di sini lengkap, enak, dan memiliki harga yang bersahabat. Siapa tahu butuh oleh-oleh khas Pekalongan atau kue kekinian tersedia lengkap di toko kue ini.

 

Baru satu titik di Alun-alun Pekalongan saja sudah sebanyak ini ya kan? Apalagi berpindah titik di dekat Museum Batik Pekalongan, masih ada banyak lagi wisata Pekalongan yang bisa dijadikan rekomendasi.

 

Semoga bermanfaat ya ulasan wisata Pekalongan didekat alun-alun Pekalongan ini, salam.

 

16 komentar untuk "Alun-alun Pekalongan Merupakan Spot Foto Hits di Kota Pekalongan "

  1. kayaknya nyaris semua alun-alun tuh jadi spot kece buat foto2 ya mbak, di kota2 yang pernah aku datangi gitu soalnya heheehttps://www.travelingbareng.com/2021/12/7-persiapan-sebelum-traveling.html

    BalasHapus
  2. kayaknya nyaris semua alun-alun tuh jadi spot kece buat foto2 ya mbak, di kota2 yang pernah aku datangi gitu soalnya heheee

    BalasHapus
  3. Aku belum pernah ke Pekalongan dan ternyata banyak juga ya tempat destinasi wisata yang bagus dan asyik dikunjungi

    BalasHapus
  4. Wah, ternyata banyak tempat wisata di sekitar alun alun Pekalongan, yaa.. Udah lama banget ga jalan jalan nih.. Jadi pengen jalan-jalan deh baca postingan gini..

    BalasHapus
  5. Jadi pingin ke pekalongan, deh. Enggak cuma batik ya, daya tariknya

    BalasHapus
  6. aku belum pernah secara khusus mampir ke pekalongan jadi penasaran deh sama wisata kulinernya terutama nasi megono karena lumayan sering menikmati nasi begono ini di salah satu warung di jakarta barat

    BalasHapus
  7. Belum pernah ke pekalongan, tp nanti klo ada kesempatan musti ke alun alun nya ini yah, spot nya uda komplit banget :)

    BalasHapus
  8. Meski raga ini belum bisa banyak melancong lagi, tapi lumayan mata dan jiwa terhibur kalo pas mampir ke artikel2 traveling kyk gini. Hehehe...

    BalasHapus
  9. Kalo inget Pekalongan tentunya inget batik. Surganya batik di sana! Pengen suatu saat main ke Pekalongan & alun-alunnya hihi

    BalasHapus
  10. Inget Pekalongan tentunya inget Batik! Suka banget koleksi batik dari sana, pingin suatu saat main ke kotanya dan bisa kunjungin alun-alunnya

    BalasHapus
  11. Saya blm pernah singgah di Pekalongan, kalau lewat pernah. Pengen nyobain sate megono yg kata tmn2ku enak. Smg nanti bisa main2 ke Pekalongan :)

    BalasHapus
  12. Bisa jadi referensi untuk foto-foto nih misal kapan-kapan ke Pekalongan. Nggak lupa pastinya beli oleh-oleh batik ya kalau ke sana.

    BalasHapus
  13. Uda paling khas banget, Pekalongan ya...batiknya yang indah yaa, Nyi.
    Tapi jalan-jalan dan berkumpul di alun-alun ini bisa menjadi aktivitas menyenangkan warga kotanya yang mencari hiburan.

    BalasHapus
  14. Kota Pekalongan yaa, keren banget alun alunnya, buat ootd tema vintage sepertinya oke punya, jadi ingin ke sana dan berfoto di spot area alun alun.

    BalasHapus
  15. saya belum pernah ke Pekalongan wajib banget niy saya main ke sana kak, buat nikmatin kotanya

    BalasHapus
  16. Aku pernah ke Pekalongan tapi belum ke alun-alunnya nih. Dulu cuma mampir sebentar ke rumah saudara sepupu.

    BalasHapus