Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pastikan Perjalanan Aman Lakukan Servis Motor Terdekat


Pastikan Perjalanan Aman Lakukan Servis Motor Terdekat - servis motor wajib dilakukan bagi yang memiliki motor di rumah. Kalau nggak rutin dilakukan servis motor otomatis, motor bisa jadi gampang rusak, mogok, dan aus. Oleh sebab itu penting banget melakukan pengecekan mesin motor secara berkala. Oli motor matic apalagi, wajib rutin.


Pastikan Perjalanan Aman Lakukan Servis Motor Terdekat
Pastikan Perjalanan Aman Lakukan Servis Motor Terdekat


 

Saya kira dulu memiliki motor ya tinggal dinaiki, hahaha ... ternyata motor butuh perawatan juga ya? Belum lagi pajaknya juga tiap tahun ada. Apalagi nih, makin ke sini ada uji emisi kendaraan bermotor segala, perawatan motor penting untuk dilaksanakan kalau nggak mau ditilang. Seserius itu, memang.

 

Nah, kalau kalian berencana buat servis motor terlebih mau berkendara jauh. Lakukan servis motor, dan ada 8 hal penting yang harus diperhatikan ketika melakukan servis motor. Apa saja ke delapan hal penting yang wajib dicek? Baca lengkapnya di bawah ini yuk!

 

 
8 Bagian Penting saat Service Motor

 

 

1. Oli mesin

 

Apa fungsi oli mesin untuk kendaraan? Adalah sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Makanya penting sekali untuk menganggti sesuai dengan jarak tempuh. Kalau rekomendasi pabrikan rata-rata di 2500 Km. Ketika mengganti oli, biasanya yang harus kita bayar adalah pembelian oli dan jasa ganti olinya (mekanik).

 

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli

 

 

Pastikan Perjalanan Aman Lakukan Servis Motor Terdekat
Pastikan Perjalanan Aman Lakukan Servis Motor Terdekat


2. Oli gardan

 

Oli mesin masih ada lagi jenisnya nih, adalah oli gardan yang fungsinya melumasi gear yang ada di CVT (Continously Variable Transmission. Untuk penggantiannya berbeda dengan oli mesin, adalah dengan rumus 2x ganti oli mesin dibarengi 1x ganti oli gardan.

 

3. Busi

 

Bagaimana dengan busi? Busi merupakan part motor yang memiliki fungsi mengubah aliran listrik koil jadi percikan api. Yang bikin mesin bisa menyala. Kalau busi bermasalah dan tidak berfungsi dengan semestinya akan membuat motor susah dinyalakan. Inisiatif bertanya kepada mekanik tidak ada salahnya, kapan busi butuh diganti.

 

4. Kampas Rem

 

Rem menjadi penting sekali dan menjadi bagian vital, karena berkaitan dengan keselamatan pengendara motor. Kalau kampas rem habis, jangan dibiarkan begitu saja. Kampas rem yang menipis dan habis, akan membuat rem sama sekali tidak pakem dan kita yang harus waspada bahaya. Segera ganti rem jika kampas remmu bermasalah.

 

 

5. Filter udara

 

Filter udara berfungsi sebagai penyaring udara pada pembakaran, supaya kotoran tidak masuk. Kalau masuk bisa bahaya, artinya sistem injeksi dapat tersumbat pun karburator. Makanya ketika servis motor, bagian ini jangan lupa untuk dibersihkan.

 

6. Aki atau Accu

 

Aki mengalami kebocoran jika tidak sesuai pada batas ideal. Berapa sih Volt yang harus diperhatikan. Kalau kondisi mati 12,3-12,6 Volt. Tapi kalau kondisi hidup 13,7-14,2 Volt. Jika tidak sesuai dengan angka tersebut, bisa jadi mengalami kerusakan. Apakah perlu diganti atau tidak, pastikan mekanik mengecek dengan teliti ya.

 

7. Ban

 

Ban motor ada dua di depan dan belakang, perhatikan berkala setiap akan bepergian. Karena ban juga perlu dilakukan pergantian, apakah ban baik-baik saja atau mulai gundul. Bahkan udara di dalam ban juga wajib diperhatikan, jangan sampai luput dari perhatian tiba-tiba kekurangan udara.

 

8. Tune up motor rutin

 

Mengapa servis tune up motor perlu dilakukan rutin? Agar semua komponennya bisa memaksimalkan kinerjanya, kalau salah satu luput diservis otomati gak bisa bekerja dengan semestinya. Nah biasanya dilakukan tone up motor ini meliputi tekanan ban, karburator, kondisi lampu, rem, klakson, dan tegangan pada rantai.

 

tune up motor juga biasanya dilakukan ganti oli mesin, oli gadan pun penggantian sparepart masing-masing sesuai dengan kondisi keadaan motor. Tetapi tenang saja, mekanik biasanya akan mengkonfirmasi mana-mana yang perlu diganti atau masih aman hanya perlu perbaikan.

 

 

Rekomendasi Servis Motor Terbaik

 

Sama dengan jodoh, kadang kalau nggak jodoh ya tidak cocok. Untuk mendapatkan tempat servis motor demikian juga, ada cocok-cocokan. Tetapi ada rekomendasi yang insyaAllah semua cocok lho, mau servis motor matic apa saja bisa, adalah Planet Ban. Bengkel servis motor yang fleksible, dan terlengkap. Bahkan di setiap kota hampir ada Planet Ban.

 

Enaknya di Planet Ban ini kita bisa mendapatkan servis motor rasa mesin baru. Jadi pas dipake berasa kita baru beli motor, setelah dilakukan servis di sana. Mengapa bisa demikian? Karena Planet Ban menerapkan sistem servis terpadu, yang bikin performa dan ketahanan motor jadi hemat dan cepat. Fokus dari sistem terpadu ini membersihkan area yang jarang terservis, karena letaknya yang memang biasanya tersembunyi.

 

Lantas apa saja manfaat di Planet Ban, jika kita melakukan servis di sana?

 

  • Oli yang digunakan cairan khusus dengan teknologi tinggi yang bisa membuat performa motor jadi ces pleng lagi dan bisa melindungi mesin. Jadi mesinya lebih awet lho.
  • Apabila dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, pemakaiannya jauh lebih tahan lama, mesin dingin, nyaman, dan tarikan gas enteng.
  • Untuk penggantian olinya tidak lagi setiap bulan, tapi 4-6 bulan lho jadi kita lebih irit karena setiap mencapai jarak 5000km baru kita lakukan servis
  • Nilai plusnya kita jadi berkontribusi dalam mmelihara lingkungan hidup, emisi dan polusi dari motor berkurang drastis.

 



Apa Perbedaan Planet Ban dengan Servis Motor di Tempat yang Lain?

 

Planet Ban bukan sembarang bengkel ban, tetapi lebih dari itu tempat yang nyaman untuk melakukan perawatan rutin kendaraan yang kita miliki. Bayangkan aja kita yang jarang keluar rumah, tapi debu di wajah seakan banyak menempel. Apalagi kalau motor yang kita gunakan bepergian. Lebih dari itu.

 

Kalau motor tidak diservis akan sangat disayangkan, jika kamu melakukan perawatan servis motor di Planet Ban kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tak tersapu bersih akan dibabat habis. Faktanya di blok CVT itu banyak debu yang bisa membuat tarikan motor berat.

 

Di Planet Ban, seluruh bagian motor yang tersembunyi akan dibersihkan total tanpa bersisa. Baik itu kepala silinder, klep mesin, piston, blok CVT, throttle body, debu, kotoran, dan sisa pembakaran akan tuntas dibersihkan. Membuat mesin rasa baru.

 

Buktikan saja hasilnya, akan lebih bersih dan enteng bahkan bisa 70% turun emisi. BBM jadi hemat, mesin jadi aman. Untuk biaya servis motor di Planet Ban, hemat dompet pokoknya nggak bikin jebol. Servis motor injeksi akan dikenakan biaya Rp20.000,- sementara servis CVT dan rantai cuma Rp19.500,- dan untuk service throttle body cukup Rp20.000,-.

 

 

5 komentar untuk "Pastikan Perjalanan Aman Lakukan Servis Motor Terdekat"

  1. Kalau mau bepergian memang harus cek kondisi kendaraan agar selalu fit. Next time bosa nih service di Planet Ban. Sepertinya rekomend

    BalasHapus
  2. Ganti oli dan servis di Planet Ban memang memuaskan sih, harga juga ramah kantong

    BalasHapus
  3. Wah ternyata planet ban recommended yaa, besok-besok gak usah galau cari tempat service lagi deh, cuss ke planet ban..

    BalasHapus
  4. Aku juga mau ikutan servis motor di Planet Ban, agar motor terasa baru dan yang paling penting adalah turut melestarikan bumi dengan meminimalisir gas emisi karbin yang dihasilkan dari motor yang kugunakan.

    BalasHapus