Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengelolaan sampah Di Sekolah


Pengelolaan sampah Di Sekolah - Masalah sampah plastik di sekolah, memang harus ditanggulangi dengan benar. Kalau tidak lingkungan bisa tercemar, dan anak-anak juga bisa terjangkit virus atau bakteri berbahaya. 


Masalah sampah plastik di sekolah
Masalah sampah plastik di sekolah



Walaupaun tekanya di sekolah, cara mengurangi sampah plasti di sekolah juga menjadi tanggungjawab bersama. Bukan anak-anak saja, tetapi orang dewasa juga wajib mendampingi bagaimana anak-anak harus membuang sampah dengan benar. 


Bijak membuang sampah dengan benar, adalah tugas kita bersama. Karena dampak sampah plastik di sekolah, memang sangat mengkhawatirkan. Jadi mari kita melakukan pengelolaan sapah di sekolah cengan cara ini. 



5 Cara Mengurangi Sampah di Sekolah

Masalah sampah plastik di sekolah
Pengelolaan sampah Di Sekolah


Melakukan aksi Jumat bersih


Biasanya pada hari Jumat di setiap sekolah dilakukan pembersihan, seperti melakukan kegiatan membersihkan kelas. Tidak hanya itu ajak siswa untuk melakukan pilah-pilih sampah dan mengelompokan sesuai dengan jenis. 


Seperti sampah botol kumpulkan dengan botol, bungkus makanan dengan bungkusnya yang nantinya sampah ini diberikan ke bank sampah yng ada di lingkungan. 


Membawa botol minuman dari rumah


Jadi kalau haus tinggal minum, misalnya membawa botol minuman dari rumah. Dan kalau habis tinggal isi ulang, di stasiun isi ulang yang sudah disediakan poihak sekolahan. 


Saya sendiri sudah menerapkan membawa botol minuman kemana-mana, jadi kalau habis nggak perlu beli botol tinggal isi aja. 


Beralih ke pensil kayu dan bolpoin stainless ketimbang bolpoin plastik


Bahaya plastik sangat meresahkan kita yang tinggal di bumi, oleh sebab itu sebaiknya minimalkan penggunaan plastik. Ya kalau di sekolah, kurangi penggunaan pensil atau pena berbahan material plastik. Para guru sudah harus mensosialisasikan ini nih, dan orangtua juga. 


Bikin lomba yang memanfaatkan sampah plastik


Agar siswa dan siswi semangat dalam mengelola sampah yang baik dan benar, tidak ada salahnya diselenggarakan lomba memanfaatkan sampah plastik. Banyak kan kerajinan yang terbuat dari plastik, dan memiliki nilai jual lho. Galakan hal ini di sekolah yuk, atau di rumah juga bisa.


Kurangi belanja makanan berbungkus plastik


Masalah sampah plastik di sekolah
Pengelolaan sampah Di Sekolah



Memang di Indonesia berbagai bungkus plastik, masih belum bisa seratus persen bersih. Yang harus kita lakukan mencegah, atau mengurangi dalam membeli makanan dengan bungkus plastik. Bisa dengan cara membawa kotak makanan sendiri, jadi pas beli nggak perlu nih pedagang menggunakan plastik. 


Bagaimana permasalahan sampah di sekolah dan solusinya di atas? Setidaknya dapat membantu sedikit ya kan? Dalam mengurangi. Yuk, kita lakukan aksi ini bersama-sama. Apalagi ketika dalam perjalanan, penting banget nih pengelolaan sampah, jangan sampai membuang sembarangan juga. 



Posting Komentar untuk "Pengelolaan sampah Di Sekolah"