Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berburu Kurma di Kampung Arab Pekalongan


Berburu Kurma di Kampung Arab Pekalongan - Dulu sebelum hijrah ke kota sebelah Pekalongan, saya nggak tahu bahwa di Pekalongan itu banyak suku yang tinggal di sana. Kalau disingkat ARJATI (Arab, Jawa, Tionghoa), nah kebetulan pas jalan-jalan dan lewat banyak penjual kurma ternyata di situ di kenal dengan istilah kampung Arab.


pekalongan dekat kota apa kerajaan di pekalongan jumlah penduduk kota pekalongan 2023
Berburu Kurma di Kampung Arab Pekalongan


 

Mengapa disebut dengan Kampung Arab? Ya karena mayoritas isinya adalah keturunan orang Arab. Baca punya baca, tanya punya tanya, di Kota Pekalongan ada tiga wilayah kawasan Kampung Arab. Ada di kelurahan Sugihwaras, Klego, dan Poncol. Namun yang paling banyak yakni kelurahan Sugihwaras.

 

Pada faktanya dahulu di masa jayanya, kampung Arab Kota Pekalongan ini menjadi pusat perdagangan kain mori. Sudah tahu kan? Kalau kain mori ini bahan untuk membuat kain batik?

 

Review Membeli Kurma di Kampung Arab

 

Pilihan untuk membeli kurma di kampung Arab banyak sekali, tinggal pilih mau yang mana. Nggak hanya ada kurma tapi jenis-jenis kacang, madu, cokelat arab, dan lain sebagainya komplit deh. Air zam-zam juga ada, oleh-oleh haji juga banyak.

 

Jadi nggak perlu jauh-jauh buat ke arab untuk membeli jajanan dari sana, tapi tetap dong ya doa untuk pergi naik haji atau umroh dan bertandang ke rumah Allah tetap menjadi sebuah doa serta impian. Aamiin. Semoga Allah mudahkan jalan kita semua menuju rumah Allah, ya!

 

Beberapa kali membeli kurma dan jajanan arab lain di sana sudah saya lakukan, pilihan harga kurma juga bervariasi lho. Ada kurma basah dan ada juga kurma yang kering, kamu suka yang mana? Semuanya tergantung selera.

 

Sejauh ini sih suka, dengan kualitas yang saya beli tapi biasanya saya beli yang agak mahalan hehehe ... karena lebih terlihat enak. Ada harga ada rupa ye kan?

 

Buat teman-teman yang sedang mencari kurma atau jajanan aneka jenis dari tanah Arab, bisa lho mampir ke Kampung Arab. Sekalian jalan-jalan dan belanja oleh-oleh bua keluarga atau saudara ketika main ke Pekalongan. Mengingat di Kota Pekalongan ini memang banyak suku Arabnya. 

Posting Komentar untuk "Berburu Kurma di Kampung Arab Pekalongan"