Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Polemik JIS tidak akan Menjatuhkan Nama Anies Baswedan



Dunia politik Indonesia kembali memanas setelah pemerintah menyampaikan tanggapan mengenai Jakarta International Stadium atau JIS. JIS sendiri merupakan stadion bertaraf internasional yang dibangun ketika Anies Baswedan menjabat sebagai gubernur DKI. Saat ini FIFA menunjuk JIS sebagai salah satu stadion untuk pertandingan dalam ajang piala dunia U 17 bulan November nanti.





Nama Anies Baswedan diseret karena merupakan pemrakarsa dan penanggung jawab pembangunan JIS. Saat ini, pembangunan stadion termegah di Indonesia ini terkesan dipolitisir karena yang memrakarsai, yaitu mantan gubernur DKI, Anies akan maju sebagai calon presiden dalam pemilihan umum di tahun 2024 mendatang.


JIS untuk Menjegal Anies Baswedan


Isu JIS yang diangkat menjelang pemilihan presiden nanti seolah merupakan upaya untuk menjegal calon presiden yang diusung oleh partai NasDem, Demokrat dan PKS, Anies Baswedan. Diketahui bahwa tokoh kharismatik ini sudah dipastikan akan maju sebagai salah satu kandidat.

Sebagai politikus berpengalaman, Anies dan tim sudah memprediksi akan banyak rumor yang digunakan untuk menjatuhkan dirinya. Hal ini sebagai upaya untuk menggiring opini masyarakat agar tidak memilihnya di pemilu nanti. Anies sendiri menanggapi hal ini dengan tenang. Karena sebagai politikus handal, mantan gubernur DKI ini paham akan banyak pro dan kontra terhadap dirinya.

Bukan hanya JIS sebelumnya sudah banyak rekam jejak dari kiprahnya sebagai gubernur DKI yang “digoreng” dan dijadikan bahan untuk menjatuhkannya, namun tokoh satu ini sudah siap mengantisipasi. Dalam kaitan dengan kasus JIS, Anies meminta kepada pihak yang menuduhnya untuk datang membawa bukti apakah ada indikasi penyelewengan dalam perencanaan dan pembangunan JIS.

Sebagai pemimpin saat itu, Anies merencanakan pembangunan stadion kebanggaan tersebut dengan penuh perhitungan. Pihaknya menggandeng konsultan yang sudah berpengalaman membangun stadion untuk ajang kompetisi dunia. Dalam teknik pelaksanaannya juga melibatkan BUMN dengan ribuan karyawan yang merupakan putra terbaik Indonesia.

Meski ada yang menilai JIS diangkat sebagai salah satu Upaya untuk menjatuhkannya dalam pemilihan presiden nanti, tokoh kharismatik ini tidak terpancing. Bahkan terlihat tenang memberikan tanggapan.


Tunggu Penilaian FIFA


Kabar pemerintah akan merenovasi JIS karena tidak sesuai standar JIS semakin ramai terdengar. Anies sendiri mempersilahkan selama hal tersebut diputuskan berdasarkan pada fakta yang bisa dipertanggung jawabkan. Sedangkan saat ini, keputusan pemerintah tersebut diambil mengacu pada rekomendasi yang disampaikan oleh vendor.

Vendor tersebut merupakan kontraktor yang menangani proyek rumput untuk lapangan golf. Ini yang menurut Anies tidak sesuai karena pihak yang tidak mempunyai pengalaman dan mengetahuai mengenai standar dan kualitas rumput untuk sepak bola, diminta memberi penilaian, tentu sudut pandang dan pertimbangannya berbeda.

Anies sendiri menyarankan pemerintah untuk menunggu penilaian dari FIFA. sebagai bahan acuan, Anies menyarankan pemerintah untuk menyodorkan enam atau beberapa stadion dan menunggu penilaian dar FIFA. Jika federasi sepak bola internasional ini memberi masukan, baru pemerintah bisa menggunakannya sebagai dasar mengambil keputusan, termasuk jika harus memugar JIS.

Kesan politisasi JIS untuk kepentingan politik sangat terasa. Apalagi saat ini merupakan momen yang tepat. FIFA menunjuk Indonesia sebagai penyelenggaraan pertandingan piala dunia U 17 dan pada masa menjelang pemilihan presiden dimana persaingan politik sedang hangat. Ini yang memicu kubu lawan dari Anies mencari cara memanfaatkannya untuk menjatuhkan mantan gubernur DKI ini.

Dalam masalah ini, Anies Baswedan justru menunjukan karakter dan kesiapannya sebagai calon pemimpin bangsa. Politikus ini tidak terpancing dengan rumor yang terkesan menjatuhkannya dan tetap meminta semua pihak untuk berpikir kritis dan mengambil keputusan berdasarkan fakta yang benar.

https://lancarjayaa.com/rumput-stadion-jis-dituding-tidak-sesuai-standar-fifa-oleh-kontraktor-rumput-golf-kok-bisa/

https://disway.id/read/711502/komentar-santai-anies-baswedan-saat-erick-thohir-ributkan-rumput-jis/15

https://dekoryuk.com/adilkah-rumput-jis-diperiksa-oleh-kontraktor-rumput-bukan-fifa/

 

Posting Komentar untuk "Polemik JIS tidak akan Menjatuhkan Nama Anies Baswedan"